Ngabe (Ngaji Bareng) Neng Taman KB

20.00.00 Unknown 0 Comments

Minggu pagi, 18 Mei 2014 komunitas yang tergabung dalam ODOJ (One Day One Juz) Semarang kembali mengadakan acara kopdar. Bertempat di Taman KB atau di Jl. Menteri Supeno di depan SMA 1 Semarang acara berlangsung cukup ramai. Selain kegiatan utama tilawah di seputaran taman, kegiatan ini juga berisi kegiatan setoran hafalan surat suci Al Qur'an, ramah tamah, dan makan bersama. Terdapat lebih dari 40 peserta yang hadir baik dari anggota ODOJ Semarang maupun umum menikmati kegiatan ngaji bareng tersebut.

Tilawah
Kegiatan yang pertama adalah tilawah. Begitu datang, anggota ODOJ maupun umum menyebar di sekitar taman untuk mengaji. Ada yang mengaji mengelilingi air mancur, ada yang di pinggiran taman, ada pula yang di bawah pohon. Taman KB sebagai salah satu tempat warga Semarang untuk berekreasi memiliki tempat yang cukup nyaman. Banyak pohon rindang dan fasilitas bermain untuk anak. Banyak pula warung kaki lima sebagai tempat pilihan ketika perut mulai kosong.


Sebar Flyer
Kegiatan lain dalam acara ngaji bareng ini adalah menyebar flyer atau brosur ODOJ, ODALF, dan ODOL kids. Penyebaran brosur ODOJ (One Day One Juz), ODALF (One Day Half Juz), dan ODOL Kids (One Day One Lembar) ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mencintai Al Qur'an dengan membacanya setiap hari. Membaca Al Qur'an merupakan salah satu wujud cinta kita umat islam kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.



Sarapan Bersama dan Ramah Tamah
Belum lengkap rasanya bila suatu kegiatan tidak ada acara makan-makan, hehe. Makan bersama selain untuk memenuhi gizi tubuh juga berfungsi untuk sarana mengakrabkan dengan anggota yang lain. Jadi merupakan sarana yang baik bagi peserta yang hadir untuk menjalin silaturahmi dan menambah saudara. Kegiatan ini pun bisa saling mengenal karakteristik anggota yang lain dan latar belang profesi yang bermacam-macam.


Setoran Hafalan
Kegiatan lain yang tidak kalah penting yaitu setoran hafalan surat-surat Al Qur'an. Pada kesempatan kopdar #8 kali ini peserta yang hadir diberi kesempatan untuk menyetorkan hafalannya kepada Ustadz Ashim. Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan produktifitas anggota dalam menghafal ayat-ayat Al Qur'an selain rutinitas dalam membaca Al Quran. 


Komunitas ODOJ Semarang merupakan salah satu komunitas yang berusaha memberikan warna di antara berbagai komunitas yang ada di kota Semarang. Komunitas ini berusaha untuk mengajak masyarakat terutama umat muslim untuk lebih mencintai Al Qur'an, juga memberikan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk warga kota Semarang dan sekitarnya.


Nanang Setiawan
(Tim Project ODOJ Semarang)

0 komentar: