Ngabe dan Berbagi Takjil di Taman KB

21.00.00 Unknown 0 Comments

Ngabe dan Berbagi Takjil di Taman KBMinggu sore, 6 Juli 2014 komunitas ODOJ (One Day One Juz) Semarang mengadakan kegiatan ramadhan untuk pertama kalinya. Kali ini kegiatan yang di lakukan adalah Ngabe (Ngaji Neng Taman KB) dan berbagi takjil. Ini kali ke dua ODOJ semarang memilih lokasi Taman KB sebagai tempat untuk tilawah. Selain lokasinya yang mudah di jangkau juga cukup nyaman untuk melakukan kegiatan.

Sehabis sholat ashar pengurus dan anggota ODOJ yang tergabung di area Semarang memulai kegiatan. Kegiatan ini di awali dengan kumpul bersama untuk menentukan titik lokasi yang nyaman untuk tilawah. Setelah itu peserta yang hadir di perkenankan untuk menuju titik sesuai kesepakatan. Kurang lebih 30 menit yang di gunakan peserta untuk menyelesaikan beberapa lembar ayat dalam Alquran. Waktu yang tidak terlalu lama, karena masih ada satu kegiatan lagi yaitu bagi-bagi takjil.

Lebih dari 50 bungkus takjil dipersiapkan untuk di bagi-bagikan. Kurma, krupuk tengiri, kue, dan air minum menjadi menu takjil kali ini. Meskipun sederhana, harapannya cukup untuk menyegerakan membatalkan puasa saat adzan maghrib tiba. Tidak butuh waktu lama untuk membagikan takjil yang ada. Pengurus yang cukup banyak membuat tugas menjadi lebih ringan.

Selain ngaji bareng dan berbagi takjil tak lupa untuk membagikan flyer (selebaran). Selebaran yang berisi tentang ajakan masyarakat untuk ikut dalam membumikan Alquran. Bahwa mengaji Alquran satu juz setiap hari itu tidak lagi susah, bila mau bergabung dengan komunitas ODOJ. Komunitas yang melakukan kegiatannya fia Whatsapp ini saling menyemangati apabila ada anggota yang sedang malas. Rasa persaudaraan yang erat membuat antar anggota memiliki hubungan yang baik. Jarak yang jauh pun menjadi dekat ketika berada dalam satu grup ODOJ.

Selesai berbagi takjil, tak lama kemudian tiba waktunya berbuka. Snack yang sudah di sediakan pun di bagikan kepada peserta yang hadir. Ada pula peserta yang membawa makanan untuk di bagi-bagikan ke anggota yang lain. Terasa suasana persaudaraan yang begitu hangat. Suasana persaudaraan yang di rindukan oleh bangsa Indonesia ini. Kegiatan pun di akhiri dengan sholat maghrib berjamaah.


Nanang Setiawan
(Tim Project ODOJ Semarang)

0 komentar: