Brand Terkenal Belum Tentu Halal

13.22.00 Unknown 0 Comments



OneDayOneDesign #19
Brand Terkenal Belum Tentu Halal
Illustrator: @behzmohadi | Caption: @tari_klaten

---

Hukum asal semua makanan dan minuman yang ada di dunia ini adalah halal, kecuali jika ada dalil yang mengharamkan. Sehingga bisa ditebak dong, jumlah makanan yg halal jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang diharamkan.

Seperti firman Allah berikut ini,
“Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi… .” (QS. Al-Baqarah: 168)

Makanan dikatakan halal paling tidak harus memenuhi tiga kriteria, yaitu halal zatnya, halal cara memperolehnya, dan halal cara pengolahannya. Taukah sobat, perkembangan teknologi pangan pada saat ini telah sampai pada kondisi dimana begitu banyak bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan untuk memproduksi suatu makanan olahan.

Hal-hal yang dulunya tidak ada, bisa menjadi ada dengan bantuan teknologi yang telah berkembang sedemikian rupa. Salah satu dampaknya adalah makin kompleks proses pengolahan pangan tersebut sehingga sangat berpotensi terjadinya penggunaan atau pencampuran bahan haram.

Bagaimana sikap kita sebagai muslim terhadap hal-hal yang syubhat (samar-samar)?

"Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Maka barangsiapa menjaga diri dari syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa terjerumus dalam perkara syubhat, maka ia akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan... ." (HR. Bukhari & Muslim)

So, hati-hati ya guys dengan makanan kita! Karena salah satu dampak dari makan makanan yang haram adalah sulit terkabulnya doa kita >.<

0 komentar: