Cari Rizki Yang Haram Aja Susah

22.08.00 Unknown 0 Comments



OneDayOneDesign #20
Cari Rizki Yang Haram Aja Susah
Illustrator: @behzmohadi | Caption: @behzmohadi

---

Lebih dari empat belas abad yang lalu, Rasulullah pernah menyampaikan sebuah pesan,
"Akan tiba suatu zaman di mana orang tidak peduli lagi terhadap harta yang diperoleh, apakah ia halal atau haram." (HR. Bukhari)

Sekarang kita perhatikan di negara kita sendiri, Indonesia. Betapa banyak saudara-saudara muslim kita yang terjerat dalam praktik riba, permainan saham yang tidak syariah, penipuan yang dibungkus investasi abal-abal, dan praktik haram lainnya.

Barangkali kita sendiri pun termasuk yang masih terjerat dalam praktik haram tersebut. Namun kita tidak sadar karena pengetahuan agama kita yang terlalu minim.

Sementara mereka yang sudah terbiasa dengan praktik haram itu malah dengan entengnya berkata demikian, "Cari rizki yang haram aja susah, apalagi yang halal!". Naudzubillahi min dzalik.

Padahal Allah telah berfirman,
"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik, yang Kami berikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu benar-benar menyembah kepada-Nya." (QS. Al-Baqarah: 172)

Jika Allah yang berkata demikian, apakah kita masih ingin menyangkal? Menghalalkan segala cara untuk meraih rizki yang pada akhirnya tidak berkah dan menjadi penyakit bagi jiwa dan raga kita.

Percayalah, rizki yang kita upayakan dengan usaha yang keras itu sesungguhnya telah ditetapkan besarnya oleh Allah.

Tugas kita sebagai seorang hamba adalah berikhtiar semaksimal mungkin dengan cara yang baik dan halal. Jangan salah fokus ya, Sob!

0 komentar: